Rabu, 08 Juli 2009

karakteristik sungai

· Pembagian daerah aliran sungai:

1. Hulu

Ciri-ciri sungai yang berada di hulu yaitu, dangkal, banyak sekali batu-batu, sempit, dan kadang terdapat air terjun.

2. Peralihan

Ciri daerah peralihan adalah agak dalam, batu-batu yang berada di sengai tidak membahayakan, banyak jeram. Dengan ciri tersebut, daerah peralihan inilah yang cocok untuk melakukan pengarungan.

3. Hilir

Cirinya, kedalaman sungainya sangat dalam, lebar dan arusnya tenang.

· Istilah arus sungai:

1. Main stream

Adalah aliran utama sungai. Untuk mengenali main stream, lihat aliran arus yang paling deras. Main stream ini membantu mempercepat dan meringankan dayungan perahu. Mendayung di mainstream sangat ringan rasanya...

2. Jeram

Adalah bagian sungai yang mengalami percepatan arus dan mengalami pergolakan air yang tidak teratur

3. Tongue

Adalah percepatan arus sebelum memasuki jeram. Dinamakan tongue mungkin karena mirip ma llidah kali ye,,,lidah air jadinya.

4. Flat

Arus tenang, biasanya hadir setelah jeram. Biar seimbang, ada jeram ada flat. Dimana ada jeram setelahnya pasti ada flat. Believe me deh..

5. Standing wave

Sesuai namanya, perputaran arus ini membentuk gelombang tegak. Kalo melakukan pengarungan seru banged kalo bisa ngambil standing wave. Perahu naik turun itu seru banged..

6. Hole / gelombang balik

Hole atau gelombang balik adalah perputaran arus dari bawah ke atas,sehingga seolah-olah kembali ke hulu. Biasanya terbentuk karena batu.

7. Eddies

Membentuk seperti pusaran air. Tapi pusaran air ini tidak terlalu bahaya. Biasanya digunain ketika kita lelah atau ingin berusaha ke tepi.

8. Bends

Belokan di sungai dinamakan bends

9. Shallow

Pendangkalan pada tepi sungai. Ditandai dengan riam-riam kecil.pendangkalan ini bisa disebakan karena banyak hal.

10. Delta

Daratan di tengah sungai. Terkadang dapat membelah sungai menjadi 2.

11. Stopper

Batu yang berada di sungai, biasa kita sebut stopper.

12. Pillow

Batu yang tertutup air sungai. Biasanya terlihat sedikit ke permukaan. Pillow inilah yang biasa membuat entrap perahu

13. Entrap

Ketika perahu tidak bisa maju karena terhalang dengan adanya pillow dibawah perahu. Entrap menjadi berbahaya ketika berada di tengah jeram yang arusnya deras.

14. Stainer

Stainer adalah segala sesuatu yang menghambat pengarungan. Benda-benda yang biasa disebut stainer antara lain: sampah, batang pohon, kayu-kayu yang hanyut, ranting dan semacamnya.

15. Under cut

Cekungan di tepi sungai yang membentuk seperti gua di bawah sungai. Biasanya under cut ini ada di bends-bends. Terbentuk karena aliran air deras yang menabrak batuan tepi, karena bends.

1 komentar: