Rabu, 08 Juli 2009

selamatkan diri sendiri dulu

Dalam kegiatan arung jeram, keselamatan setiap pendayung adalah hal yang utama. Self rescue atau tindakan penyelamatan diri saat melakukan pengarungan. Walau pendayung akan senantiasa dibantu dengan pendayung lain di perahu tersebut, tetapi sebaiknya kita tetap bisa melakukan tindakan penyelamatan diri sebelum datang team rescue yang akan membantu.

Prinsip setiap tindakan penyelamatan dalam kegiatan arung jeram adalah menyelamatkan diri sendiri sebelum melakukan tindakan penyelamatan terhadap orang lain, dan si penyelamat harus benar-benar berada dalam kondisi yang aman ketika melakukan tindakan penyelamatan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko lainnya dan kemungkinan bertambahnya korban.
Berikut dijelaskan hal apa saja yang harus anda lakukan dalam self rescue.

a. Dont be panic
Hal pertama yang harus kita lakukan jika terlempar keluar dari perahu adalah JANGAN PANIK or DONT be PANIC!!!
Mengapa jangan panik? Karena jika terjadi kepanikan, kita tidak akan tahu apa yang harus kita lakukan untuk tindakan self rescue. Hal ini malah akan menyusahkan diri kita sendiri
Setelah kita dapat mengatasi rasa panik, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah melihat situasi disekeliling dan memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan.


b. Melakukan renang jeram

Renang jeram dilakukan ketika kita terlempar dari perahu tetapi masih berada di jeram. Posisi renang jeram, antara lain:

- Menghadap ke hilir (mengikuti arus)

- posisi terlentang dengan bersandar pada pelampung. Usahakan berat badan bukan terfokus di pantat, melainkan punggung. Karena pelampung berada dipunggung. Kalo berat badan berfokus di pantat, ntar pantatnya turun terus ga mau naik. Malah membahayakan pendayung tersebut

- Kaki dalam keadaan rapat dan selalu berada dipermukaan air untuk menghindari foot entrapment. Sementara tangan digunakan sebagai pengatur keseimbangan atau untuk menuju pinggiran sungai dan menghindari berbagai rintangan lainnya.

- Usahakan paddle dan alat-alat yang melekat ditubuh tidak terlepas dari. Karena alat ibarat nyawa kita ketika berada di lapangan.

- Oia, jangan terlena dengan renang jeram, ketika kita sudah berada di posisi aman (sudah masuk daerah flat –arus tenang-) kita harus cepat-cepat menggapai tepian. Jangan sampai kita terbawa ke jeram berikutnya. Bisa minum banyak air tuh..hehehe
Ketika sudah masuk arus tenang, kita boleh melakukan renang aktif untuk membantu sampai tepian dengan segera.

1 komentar:

  1. seru bangged lho renang jeram.apalagi kalo dapet hole,,,pasti Panic dan minum banyak aer.hehehehe

    BalasHapus